Hadapi Masa Pandemi, Yuk Cari Tahu 5 Keunggulan Masker Kain

Sejak awal tahun 2020, virus Covid 19 telah merebak ke berbagai negara karena virus ini cukup cepat proses penularannya. Anda dapat mendeteksi gejala virus berbahaya ini setelah 14 hari masa inkubasi, tetapi hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang tepat. Oleh karena itu, anda hanya dapat melakukan pencegahan agar tidak tertular virus ini dengan beberapa cara, seperti memaki Masker kain. Yuk intip keunggulan dari masker berbahan kain di bawah ini!

Keunggulan Masker Berbahan Kain di Masa Pandemi
1. Mampu Menahan Droplet
Penularan covid 19 yang utama melalui percikan saat batuk atau bersin, sehingga dibutuhkan pelindung yang mampu menahan droplet tersebut. Anda dapat memilih masker dengan bahan kain. Akan tetapi, pastikan anda memiliki lebih dari 1 masker karena harus rutin menggantinya setiap 3 jam sekali. Selain itu, selalu pastikan kebersihan masker tersebut agar tidak terpapar virus lain yang mungkin menempel saat anda bepergian keluar rumah.

2. Harga Lebih Terjangkau
Sejak virus covid 19 menyerang Indonesia, masker bedah langka hingga harganya 300 ribu per box. Oleh karena itu, penggunaan masker kain lebih hemat karena dapat diperoleh dengan harga di bawah 10 ribu rupiah. Anda juga dapat membuat masker dari kain yang telah tidak dipakai di rumah. Dengan begitu, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli masker yang semakin langka. Kelangkaan ini pun cukup menyulitkan tenaga medis yang membutuhkan masker bedah.

3. Bisa Dicuci
Masker dengan bahan kain sangat terjangkau dan hemat uang karena dapat dicuci setelah anda pakai. Setelah itu, anda dapat memakainya kembali tanpa membuat sampah semakin banyak karena masker yang sekali pakai. Masker yang telah dicuci ini dapat dipastikan kebersihannya asal dicuci dengan sabun dan air yang bersih. Jika anda memakai masker ini setiap 3 jam sekali tentu kotorannya pun tidak terlalu banyak, sehingga mudah dibersihkan.

4. Mengurangi Sampah
Biasanya masker bedah lebih populer karena harganya yang terjangkau, tetapi ternyata sangat merugikan lingkungan. Masker bedah ini hanya dapat dipakai sekali, sehingga membuat sampah semakin menumpuk. Jika anda memilih untuk memakai masker kain, maka lebih hemat dari segi uang dan dapat mengurangi sampah. Memiliki masker berbahan kain cukup banyak dapat dipakai untuk jangka panjang bahkan saat covid 19 telah mereda.

5. Efektif Mencegah Covid 19
Beberapa waktu lalu telah dilakukan penelitian untuk mengetes efektivitas masker berbahan kain untuk menahan droplet virus covid 19 yang ditularkan oleh manusia lain. Hasilnya cukup memuaskan, yaitu sekitar 71% mampu menyaring partikel kecil. Sedangkan untuk menahan partikel yang besar ditemukan hasil sebesar 79%. Hal ini tentu sangat baik daripada anda tidak memakai masker saat bepergian keluar rumah atau ke tempat ramai.

Tahukah anda siapa saja yang harus memakai masker? Setiap tenaga medis membutuhkan stok masker yang lebih banyak karena setiap harinya harus bersentuhan langsung dengan pasien. Pasien yang sedang sakit pun dianjurkan untuk memakai masker. Jika anda sehat, sebaiknya memakai masker kain karena sudah sangat aman dan dijamin mampu menahan partikel mikro. Kelangkaan masker bedan dan N95 jangan diperparah karena masyarakat juga memburunya.

Pandemi ini tidak akan selesai dengan cepat, jika tidak ada kerja sama antara masyarakat, pemerintah, dan tenaga medis. Oleh karena itu, mari bersama sama selalu menaati peraturan yang telah diterbitkan oleh pemerintah dan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan agar dapat memutus mata rantai virus covid 19. Jika anda sehat, pilihlah masker berbahan kain yang lebih terjangkau serta selalu menjaga kebersihan dan imunitas tubuh,
Diberdayakan oleh Blogger.