Simak soal dan kunci jawaban tema 2 kelas 5 SD halaman112 113 114 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 5. Buku Tematik Tema 2 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini berjudul Udara Bersih bagi Kesehatan. Subtema 3 dalam Buku Tematik Tema 1 Kelas 5 SD adalah Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal Subtema 3 Pembelajaran 5 halaman112 113 114. Kunci jawaban ini merupakan pedoman orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak. Simak kunci jawaban Tema 2 Kelas 5 SD halaman 112 113 114Buku Tematik, Subtema 3 Pembelajaran 5.

Pada Pembelajaran 2 kamu dan kelompokmu telah mempelajari cara merawat organ pernapasan. Kamu juga telah membuat poster tentang cara merawat organ pernapasan. Sekarang tunjukkan dan ceritakan postermu kepada kelompok kelompok lain dan bapak/ibu gurumu. Jawaban: Poster Merawat Organ Pernapasan

Gambar poster disesuaikan dengan gambar yang dibuat siswa. Nggak mau kan nafasmu menjadi sesak? Yuk rawat organ pernapasan agar kita dapat bernafas dengan lega.

Kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk menjaga organ pernapasan kamu tetap sehat, apa saja? – Kamu perlu istirahat yang cukup – Olahraga yang teratur agar organ pernapasan juga dapat terlatih

Jaga pola makanmu dengan mengkonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga baik – Posisi tidur benar Kamu telah mempresentasikan poster tentang cara merawat organ pernapasan. Apakah kamu suka dengan poster yang telah kamu buat bersama dengan kelompokmu? Bagaimana tanggapan teman teman dan bapak/ibu gurumu? Apakah mereka juga menyukai postermu? Sebaliknya, bagaimana poster hasil kreasi teman temanmu? Apakah mereka juga membuat poster yang bagus?

Poster yang bagus akan menarik orang untuk membaca informasi yang tertulis pada poster itu. Kamu dapat menambahkan gambar gambar yang menarik dan sesuai tema poster. Kamu juga dapat mewarnai dengan warna warna yang cerah. Orang yang membaca akan terkesan dan terpengaruh untuk melaksanakan ajakanmu merawat organ pernapasan. Apakah selama ini kamu juga telah merawat organ pernapasanmu dengan baik. Apa saja yang telah kamu lakukan? Apakah kamu menjauhi makanan dan minuman dingin? Apakah kamu menanam banyak tumbuhan hijau di lingkungan rumahmu? Adakah pengalaman menarik saat kamu melakukan itu? Pada Pembelajaran 2 kamu telah memilih pengalamanmu yang paling menarik sebagai tema untuk membuat gambar cerita. Sekarang saatnya kamu membuat gambar cerita. Berikut langkah langkah membuat gambar cerita.

1. Persiapan Bahan dan Alat Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya sesuai teknik yang digunakan. 2. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema langkah, selanjutnya adalah membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik. 3. Penyempurnaan Gambar Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu sketsa yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap warnai gambarmu dengan baik.

Pada Pembelajaran 2 kamu telah menentukan tema gambar cerita. Sekarang persiapkan alat dan bahan untuk membuat gambar cerita, lalu buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu pilih. Jawaban: Sketsa gambar cerita: Lingkunganku hijau udaraku bersih.

Ayo teman teman kita menanam pohon di lingkungan rumah kita. Tapi untuk apa? Jika banyak tumbuhan dan pohon di lingkungan rumah kita, pasti udara kita juga akan bersih.

Kenapa bisa begitu? Karena tumbuhan melakukan fotosintesis di siang hari dan hasil dari fotosintesis itu adalah oksigen yang bagus bagi udara kita. Jadi polusi dan udara yang tercemar juga akan berkurang karena lingkungan hijau menjaga udara bersih.

Apa langkah langkah membuat gambar cerita? Siapkan beberapa lembar kertas karton berukuran 20 cm × 10 cm. Tuliskan kalimat kalimat ajakan untuk merawat organ pernapasan pada kertas kertas tersebut. Kalian dapat menuliskan kalimat seperti: dilarang merokok, ayo menanam tumbuhan hijau, kenakan masker saat banyak debu, dan sebagainya. Tuliskan sebagus mungkin dan warnai yang mencolok. Tempelkan kertas kertas bertuliskan ajakan tersebut di beberapa tempat di rumahmu. Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.