Infeksi Vagina

Infeksi vagina bisa terjadi kepada 75% wanita, pada beberapa kasus 40% wanita mengalami kejadian serupa. Sebagai wanita anda tidak perlu khawatir, karena anda harus mengenal cara ampuh untuk menghindari infeksi jamur dan infeksi vagina ini.

Apa saja yang harus diketahui dari tips mencegah infeksi vagina?

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh bisa membantu menangkal seluruh jenis infeksi termasuk infeksi vagina. Dengan begitu Anda harus merawat kesehatan, karena merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan tubuh anda dalam keadaan bugar. Merawat kesehatan juga sangat mudah dilakukan.

Merawat kesehatan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur. Anda juga bisa melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Lakukan juga manajemen stres yang merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kesehatan tubuh.

  1. Minum Yogurt

Yoghurt adalah minuman siap konsumsi yang biasanya tersedia di minimarket terdekat atau bisa dibuat sendiri. Yoghurt nyatanya kaya akan manfaat probiotik di dalamnya. Dengan kata lain, yogurt bisa menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran pencernaan dan menghindari infeksi vagina.

  1. Menjaga Tetap Kering

Vagina yang lembab tentunya normal, apabila lembabnya terlalu banyak tentu tidak normal. Terlebih kondisi tubuh berkeringat dan lembab merupakan lingkungan paling ideal untuk infeksi menyerang. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pakaian secara teratur apabila tubuh anda berkeringat.

Menjaga area kewanitaan tetap kering adalah salah satu kewajiban Anda sebagai wanita. Anda bisa menggunakan pakaian dalam yang berbahan katun. Adapun jenis kain yang satu ini bisa membantu kulit anda untuk bernafas lebih leluasa sehingga kulit akan tetap kering.

Gunakan juga pakaian longgar yang membuat kulit anda lebih bisa bernapas. Pada umumnya wanita biasanya mengenakan pakaian ketat, padahal hal tersebut tidak baik untuk digunakan setiap hari. Hal seperti itu bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi vagina pada wanita.

  1. Menjaga Kebersihan Vagina

Sebagai wanita, Anda harus berhati-hati pada produk pembersih kewanitaan yang wangi. Produk tersebut biasanya menyebabkan ketidakseimbangan bakteri pada vagina yang anda miliki. Produk kewanitaan biasanya menjadi penyebab terjadinya infeksi vagina pada tubuh anda.

Tentu terdapat teknik pembersihan yang tepat dan bisa dilakukan. Teknik tersebut untuk menghindari bakteri pindah dari anus ke vagina. Caranya adalah dengan membersihkan daerah kewanitaan anda dari depan ke belakang. Usahakan juga untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan sehingga terhindar dari infeksi vagina.

  1. Kenali Gejala Infeksi Vagina

Infeksi vagina tentunya mempunyai gejala tertentu, salah satunya adalah keputihan berlebihan. Keputihan adalah hal yang normal terjadi dialami semua wanita terlebih menjelang haid. Namun terdapat keputihan yang tidak normal karena infeksi vagina seperti berwarna kekuningan atau kehijauan.

Penyebab lainnya terjadi infeksi vagina adalah vagina yang terasa sangat gatal. Rasa gatal di organ intim anda akan terasa sangat mengganggu dan membuat anda tidak tahan ingin menggaruknya. Segatal apapun vagina anda, usahakan untuk tidak menggaruknya, karena hanya akan semakin mengiritasi lapisan vagina yang cenderung lunak.

Gejala infeksi vagina selanjutnya adalah nyeri ketika buang air kecil, jangan sampai Anda menyepelekan hal ini. Nyeri pada buang air kecil menjadi tanda infeksi vagina dan sinyal infeksi saluran kencing hingga penyakit kelamin.

Biasanya bibir vagina berwarna kemerahan dan bengkak, Anda bisa mengetahuinya dengan mengambil kaca kecil dan arahkan pada vagina anda. Perhatikan baik-baik apakah bibir vagina dan vulva tampak kemerahan atau bengkak, jika iya maka Anda terkena infeksi vagina.

Apabila tanda-tanda infeksi vagina telah anda ketahui, maka anda harus pergi ke dokter dan mengkonsultasikannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.