Simak kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 2 4 6 13 14 Subtema 1 Pembelajaran 1 buku tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2018 dalam artikel ini. Kunci jawaban tema 1 kelas 6 SD halaman 2 ,4, 6, 13, 14 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak. Satu dari beberapa soal pada tema 1 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 1 yakni mengenai manfaat perkembangbiakan generatif.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri. Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Bagaimana cara tumbuhan menjadi sumber kehidupan makhluk hidup? Apakah semua tumbuhan termasuk sumber kehidupan? Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul "Bagaimana Jagung Berkembang Biak?" dengan mengisi diagram berikut.

Paragraf 1 Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara. Paragraf 2 Petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Paragraf 3 Bunga jagung memiliki helai helai rambut halus pada bagian ujungnya.

Paragraf 4 Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Paragraf 5 Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu.

Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu. Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai negara.

Petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Bunga jagung memiliki helai helai rambut halus pada bagian ujungnya. Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga.

Gambarkan bagian bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya pada kolom berikut ini. Gambar bunga Cara penyerbukan

Semisal pada bunga kertas, ketika kepala sari terkena sentuhan hewan ataupun karena angin, serbuk sari akan berterbangan. Sebagian serbuk sari akan jatuh di kepala putik. Ketika itulah terjadi penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu. Adakah perbedaan dengan hasil temanmu? Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu!

Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif? Carilah informasinya dan tuliskan pada tempat yang disediakan. Manfaat perkembangbiakkan generatif yakni tanaman yang dihasilkan memiliki akar yang kuat.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk perawatan juga relatif murah. Umur tanaman juga bisa lebih lama. Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?

Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah terbesar di Asia Tenggara. Negara kepulauan ini memiliki kurang lebih 17.000 pulau. Fakta geografis ini membuat warga Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, dan budaya. Ada ratusan suku serta ratusan dialek di seluruh wilayah Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang ditetapkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila diambil dari tradisi serta nilai nilai bangsa.

Nilai nilai ini dianggap mampu menjadi landasan perilaku bangsa yang beragam latar belakang etnis dan budayanya. Tulislah pemikiranmu tentang karakteristik negara pada diagram Venn yang telah disiapkan. Perhatikan caranya berikut ini.

1. Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia. 2. Tulis masing masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.

3. Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Anggari, Angi St, Afrika dkk. 2018. Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI Edisi Revisi 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Anggari, Angi St, Afrika dkk. 2018. Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas VI Edisi Revisi 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Artikel lain terkait

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Saat kecil Udin menggunakan sepeda roda tiga. Sekarang Udin sudah dapat menggunakan sepeda roda dua dengan lancar.

Rajin berolahraga sepeda membuat kaki Udin menjadi lebih kuat dan badannya lebih tinggi. Saat kecil Edo hanya dapat menendang bola. Sekarang, Edo sudah menjadi pemain bola yang hebat.

Rajin berolahraga membuat badan Edo menjadi lebih kuat dan lebih tinggi. Udin suka bermain sepeda. Edo suka bermain bola.

Meskipun olahraga kesukaan mereka berbeda, tetapi mereka tetap rukun. Mereka saling menghargai perbedaan. Siti senang berolahraga lari di pagi hari.

Dayu senang olahraga renang. Lani senang bermain lompat tali. Olahraga kesukaan mereka berbeda beda.

Walaupun kesukaan mereka berbeda, namun mereka tetap rukun bermain bersama. Mereka juga suka saling membantu jika melihat teman yang mengalami kesulitan. Mereka saling menghibur pada saat sedih.

Jika ada pekerjaan yang harus dikerjakan bersama, mereka selalu bekerja sama. Tuliskan pendapatmu mengenai beberapa hal berikut ini! 1. Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan?

Jawaban: Untuk menjaga kerukunan. 2. Apa saja manfaat yang akan kita rasakan jika hidup rukun? Jawaban: Hidup damai sejahtera, tidak ada perselisihan.

3. Mengapa kita perlu bekerja sama? Jawaban: Agar pekerjaan terasa ringan dan tidak kesulitan. Apakah kamu dan teman teman selalu hidup rukun?

Apakah kamu dan teman teman memiliki kesukaan olahraga? Coba tanyakan olahraga kesukaan teman temanmu. Jawaban:

1. Doni suka olahraga badminton 2. Tika suka olahraga bola kasti 3. Abi suka olahraga bola basket

4. Niana suka olahraga jogging. 5. Yuni suka olahraga renang. 1) 2.356 1.243 = 1.113

2) 3.418 3.102 = 316 3) 9.832 7.810 = 2.022 1) 5.175 4.328 = 847

2) 6.459 2.783 = 3.676 3) 8.324 5.786 = 2.538 Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.