cara mendidik anak disiplin

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang memiliki gaya hidup yang disiplin. Dengan disiplin nantinya ia bisa mengarungi kehidupan dengan lebih tertata dan juga tidak banyak membuang waktu.

Nah, sebagai orang tua, kira kira langkah seperti apa sih yang bisa membuat anak disiplin. Berikut adalah cara mendidik anak disiplin yang bisa anda coba terapkan langsung pada anak anak anda.

Tips Mendidik Disiplin Anak

  1. Terapkan Aturan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menerapkan sikap disiplin pada anak adalah dengan membuat aturan aturan yang harus anak jalankan.

Peraturan ini bisa dimulai dengan hal hal paling sederhana seperti misalnya membereskan mainan setelah bermain, merapikan tempat tidur, gosok gigi sebelum tidur dan lain sebagainya.

Meskipun itu terlihat sederhana, namun, anda harus menerapkannya sejak kecil agar anak menjadi terbiasa hidup lebih disiplin.

  1. Reward and Punishment

Anak kecil perlu belajar tentang hukum sebab akibat dari awal. Jika ia melakukan kebaikan maka akan berbuah kebaikan, namun, jika melakukan keburukan maka akan berbuah juga dengan keburukan.

Untuk melatih ini anda bisa memberikan hadiah jika misalnya anak memiliki pencapaian tertentu seperti rajin membersihkan mainan selama 1 bulan maka akan diberikan hadiah berupa mainan atau apapun yang membuatnya senang.

Sebaliknya, jika anak melakukan kesalahan ataupun kelalaian anda harus memberikan hukuman yang setimpal dengan kesalahannya.

Namun, untuk jenis hukuman anda jangan memberikan sesuatu yang bisa merusak mental nya ya. Berikanlah hukuman yang bisa membangun karakternya agar bisa menjadi lebih baik.

  1. Menjadi Teladan

Jika orang tua menginginkan anak yang disiplin, maka tentu saja harus dimulai dari diri sendiri. Ia harus menjadi teladan yang baik bagi anak anaknya.

Hal ini dikarenakan, bagaimanapun anak akan melihat dan meniru tingkah laku orang tuanya. Jika anak melihat keseharian orang tuanya yang penuh kedisiplinan, maka secara langsung dan tidak langsung hal itu akan mempengaruhi perilaku anaknya.

So, anda sebelum menerapkan disiplin pada anak, anda harus menerapkan sikap disiplin pada diri sendiri. Bagaimanapun, anak adalah cerminan dari orang tuanya. Ya kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.