Penyakit Endemik

Penyakit Endemik sendiri adalah kehadiran suatu penyakit atau infeksi secara terus-menerus, dan penyakit ini biasa terjadi dalam suatu wilayah geografis. Terdapat juga hiperindemik ketika tingkat kejadian penyakit terus-menerus menjadi tinggi.

Apa macam-macam dari penyakit endemik yang mendunia?

Penyakit endemik adalah penyakit yang menyerang lingkup lebih kecil jika dibandingkan dengan epidemi dan pandemi. Endemik juga berkaitan dengan penyakit yang muncul pada negara atau wilayah tertentu yang lebih spesifik, tentunya dalam rentang waktu tertentu.

Penyakit endemik biasanya bertahan hingga hitungan tahun seperti cacar air atau malaria. Endemik sendiri adalah penyakit yang menyerang satu negara saja atau wilayah tertentu. Penyakit endemik tentu bisa berakhir apabila penanggulangan penyakit dilakukan secara tepat.

Penanggulangan penyakit juga harus disertai dengan daya tahan tubuh yang sangat baik, caranya dengan menghindari kontak dengan si sakit dan menjaga kebersihan. Dengan melakukan pola bersih hidup sehat akan membantu menekan angka penyakit dan menghilangkannya.

Forum kesehatan mencatat bahwa ada banyak sekali penyakit endemik yang terdapat di dunia salah satunya adalah sebagai berikut.

HIV/AIDS

Penyakit endemik pertama adalah HIV, yang merupakan salah satu jenis virus endemik dalam konferensi pers WHO. HIV masih dianggap sebagai pandemi, karena mengacu pada pusat pencegahan dan pengendalian penyakit Amerika serikat. Walau banyak orang yang berpendapat bahwa populasi global telah mempunyai tingkat kesadaran tentang keberadaan virus HIV.

HIV adalah salah satu penyakit endemik yang belum hilang namun telah disadari keberadaan virusnya. HIV juga telah menemukan terapi dan menemukan metode pencegahan, sehingga orang tidak merasa takut seperti sebelumnya. Dengan adanya pengobatan modern di zaman sekarang, membuat orang yang terkena HIV mempunyai umur panjang serta hidup sehat.

Sifilis

Penyakit selanjutnya adalah sifilis yang merupakan penyakit endemik di seluruh dunia. Penyakit yang satu ini mempunyai pengobatan yang efektif dan sangat membantu mengurangi jumlah orang yang terinfeksi. Sifilis masih saja dianggap endemik di beberapa bagian Afrika, karena dikenal dengan frambusia dan menjadi penyakit endemik di berbagai daerah tropis.

Frambusia tentu banyak ditemukan pada anak-anak dan tidak menular secara seksual. Walaupun Penyakit ini disebabkan oleh kerabat dekat bakteri penyebab sifilis. Bakteri penyebab rambut sial lebih dikenal sebagai bakteri T. Pallidum sp. Pertenue.

Adapun salah satu penyebab dari penyakit sifilis itu sendiri adalah bakteri Treponema pallidum sp. Pallidum.

Influenza

Selain sifilis, juga terdapat virus influenza yang menginfeksi manusia dan merupakan wabah musiman. Influenza biasanya terjadi di berbagai daerah tropis dan dinilai sebagai penyakit endemi. Infeksi dari virus influenza bisa bermanifestasi dalam berbagai gejala klinis.

Tentu Terdapat 4 pandemi influenza sejak tahun 1900, dengan pandemi terbaru yang terjadi pada tahun 2009 yang disebabkan oleh virus influenza burung. Virus influenza burung termasuk influenza h5n1. Walaupun terdapat virus influenza lainnya dengan tipe H7N9, yang terkadang menyebabkan penyakit pada manusia.

Selain penyakit tersebut juga terdapat covid 19 yang mempunyai potensi menjadi endemik. Covid 19 mungkin saja menjadi endemik di Indonesia. Hal ini terjadi karena sistem kesehatan di Indonesia terbilang cukup buruk dan mendorong potensi terjadinya hal tersebut.

Negara yang mempunyai sistem kesehatan masih buruk, tentu mempunyai strategi pengetesan dan penelusuran yang masih buruk. Untuk itu, diperlukan peningkatan dan pengembangan dengan kemajuan teknologi yang seimbang agar tidak tertular penyakit endemik.

Penyakit endemik memang harus dihindari dengan cara menanggulangi penyakitnya secara tepat. Apabila ditanggulangi secara cepat, maka penyebarannya tentu akan berhenti.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.